Kesalahan-Kesalahan Arsitek Fatal Yang Pernah Terjadi di Dunia 1

Kesalahan-Kesalahan Arsitek Fatal Yang Pernah Terjadi di Dunia

Arsitek adalah manusia biasa yang pernah melakukan kesalahan. Hal ini bisa dilihat dari beberapa kasus dimana  konstruksi yang dibangun tidaklah sempurna. Namun seharusnya setiap kesalahan arsitek sekecil apapun tidak boleh terjadi. Hal ini dikarenakan, konstruksi yang salah perhitungan bisa membahayakan nyawa banyak orang.

Bahkan sudah banyak kasus dimana kesalahan yang dilakukan arsitek yang kurang perhitungan menyebabkan hilangnya nyawa hingga kerugian material yang besar. Pertimbangan alam, lingkungan sekitar dan juga fungsi dari konstruksi perlu dipertimbangkan untuk menghindari setiap kesalahan. Belum lagi pemilihan bahan konstruksi, juga jadi pertimbangan yang penting.

Kesalahan Arsitek Yang Pernah Ditemui Di Dunia
Dunia dikejutkan dengan beberapa kejadian atau bencana yang terjadi akibat kesalahan konstruksi. Beberapa menimpa bangunan dan jalan yang mengakibatkan korban jiwa hingga kerugian material yang sangat besar. Berikut ini beberapa kesalahan yang pernah dilakukan arsitek di dunia :

Runtuhnya Jalan Layang Highway 19 di Quecec
Bencana ini terjadi di tahun 2006 dimana sebuah tiang penyangga setinggi 66 kaki ambruk. Tiang ini menyangga jalan layang De la Concorde di pinggiran kota Montreal. Akibatnya beberapa kendaraan tertimpa puing jalan.

Jembatan ini dibangun pada 1970. Salah satu penyebab runtuhnya bangunan ialah kesalahan pada desain awal yang buruk pada jalan layang tersebut.

Ambruknya The Lotus Riverside
Di Shanghai, China, pada tahun 2009 lalu ada sebuah bangunan apartment ambruk ke satu sisi seutuhnya. Penyebabnya ialah adanya kesalahan saat membuat struktur area pakir di sekitra gedung tersebut.

Galian tanah dibuang di areal pembuangan sampah. Karena hal inilah maka tepian sungai menjadi runtuh dan membuat air meresap ke basement. Kejadian ini membuat pondasi apartment menjadi lumpur dan hasilnya, bangunan apartment roboh seutuhnya.

Gedung Ronan Point
Satu lagi  bencana terjadi akibat kesalahan arsitek. Kali ini terjadi di kota London pada tahun 1968. Panel-panel beton cetak ditempel di gedung apartment dengan baut. Tanpa adanya kontrol kualitas, gedung ini pun menjadi contoh gagal sebuah karya arsitek.

Sebuah ledakan membuat bangunan 22 lantai ambruk. Ternyata penyebabnya ialah adanya baut yang rusak oleh air dengan sambungan-sambungannya yang tidak terisi beton, melainkan oleh kertas Koran. Akibatnya, panel tembok runtuh.

Aon Center
Lokasi gedung megah ini ada di Chicago, Illinois. Gedung ini bangun pada tahun 1973 yang lebih mengutamakan penampilan gedung. Marmer carrara dipakai untuk konstruksi bagian luar gedung yang membuat tampiannya megah. Namun baru setahun berdiri, salah satu marmer copot dan menimpa bangunan gedung lain di depannya. Karena kesalahan arsitek ini, maka gedung dilapisi kembali dengan biaya yang besar.

Bendungan St. Francis
Bendungan ini lokasinya ada di los Angeles, California. Pada tahun 1928 terjadi bencana akibat kesalahan kosntruksi bendungan yang menewaskan 600 orang akibat terbawa air. Kesalahan terjadi akibat retakan pada struktural tambahan yang berfungsi meningkatkan kapasitas air.

Hal tersebut tidak segera ditanggulangi dan membuat batuan di bawahnya tidak stabil dan membuat bendungan pecah. Bencana ini termausk salah satu yang terbesar akibat kesalahan konstruksi di dunia.

Hotel dan Spa Vdara
Hotel di Las Vegas ini dibuka pada tahun 2009. Desainnya unik dengan aksen melengkung. Namun hal inilah yang menimbulkan masalah. Tamu-tamu hotel mulai mengeluhkan kulit mereka yang menghitam sampai tas plastik yang meleleh. Rupanya hal ini dipicu lantaran desain melengkung tersebut memantulkan cahaya panas matahari ke kolam renang.

Perpusatakaan W.E.B. DU Bois
Inilah salah satu perpusakaan megah di dunia dengan 26 lantai. Bahkan gedung ini menjadi perpustakaan tertinggi di Amerika Serikat yang dibangun pada 1974. Akan tetapi, bangunan ini tidaklah sempurna. Baru dua bulan setelah dibuka, ada batu bata yang mulai berjatuhan.

Diketahui bahwa rontoknya batu bata ialah karena kesalahan arsitek dalam menghitung berat buku yang disimpan di perpustakaan. Akhirnya 60 ribu buku harus dipindahkan dari gedung tersebut dan beberapa lantai ditutup. Langkah ini guna mengurangi beban gedung.

Menara John Hancock
Letak gedung ini dai Boston, AS. Gedung yang dibangun pada 1968 ini memiliki 100 lantai dan merupakan geudng tertinggi pada masa itu. Namun kesalahan arsitek dan kosntruksi terjadi. Desain jendela dengan panel-panel seberat 500 pon terlepas dari gedung dan terjatuh. Karena hal inilah, jendela-jendela gedung yang terkelupas dilapisi dengan plywood dan menghabiskan biaya renovasi yang sangat tinggi.

Stadion Kemper
Bencana yang melibatkan gedung ini terjadi pada tahun 1979. Atap stadion runtuh namun tak mengakibatkan korban jiwa karena saat itu stadion kosong. Atap didesain untuk bisa mengeluarkan air sedikit demi sekit untuk menghindari terjadi bandir.

Akan tetapi, sebuah hujan lebat terjadi dan membuat air yang berkumpul pada lengkungan atap terus bertambah dan membuat atap stadion runtuh. Selain itu diperkirakan bencana terjadi akibat kesalahan pada baut yang kurang diperhitungkan pada tiang yang menyangga atap.

Beberapa bencana akibat kesalahan arsitek tersebut menjadi bukti bahwa pertimbangan dan perhitungan dalam perencanaan sangat penting dan tak boleh ada kesalahan. Oleh karena itu, pemilihan arsitek atau kontraktor dalam sebuah proyek bangunan menjadi faktor penting dan harus memiliki kompetensi yang mumpuni dan profesionalitas tinggi.

Write a Comment

Your email address will not be published.