Pemakaian Beton Mix Untuk Segala Konstruksi 1

Pemakaian Beton Mix Untuk Segala Konstruksi

Beton mix sudah sejak puluhan tahun lalu menjadi solusi praktis pelaksanaan konstruksi yang lebih mudah. Berbeda dengan beton site mix, beton ini lebih banyak memberikan kemudahan.

Beton ini disebut juga dengan beton ready mix. Pembuatan beton segar dilakukan di batching plant untuk selanjutnya dikirim ke lokasi konstruksi memakai armada molen. Secara singkat, perbedaannya dengan site mix ialah pada lokasi pencampuran. Site mix adalah beton yang pencampurannya di lokasi konstruksi.

Mengenal Lebih Jauh Beton Mix
Beton mix juga dikenal dengan beton instan. Beberapa perusahaan beton kini sudah mampu memproduksi jenis beton segar ini dan menjangkau beberapa daerah. Wilayah dan Jawa dan luar Jawa pun sudah mampu dijangkau oleh perusahaan ready mix.

Beton ready mix adalah beton campuran semen Portland, agregat halus, agregat kasar, dan air. Proses pencampuran ini dilakukan di batching plant. Lalu dikirim memakai truck mixer ke lokasi konstruksi. Untuk menjaga kualitas dari beton segar selama perjalanan, maka dipakailah bahan tambah (jika diperlukan).

Selain itu, untuk menjaga kualitas beton segar, maka hendaknya lokasi antara batching plant dan juga lokasi konstruksi tidak boleh terlalu jauh. Hal ini karena akan mengurangi tingkat slump beton yang sudah ditentukan sebelumnya.

Melalui truk mixer, beton segar mengalami pengadukan dengan kecepatan tertentu. Karenanya, beton tetap dalam kondisi bagus hingga siap dituang dilokasi.

Secara kualitas, beton mix dan site mix tidaklah berbeda. Hanya saja, beton instan mendapat pengawasan lebih ketat di batching plant. Mulai dari pemilihan bahan baku dan proses pencampuran, semuanya diakukan dengan kontrol dari ahli.

Berbagai mutu beton pun bisa dihasilkan. Misalnya mutu K225, K250, K300 dan juga mutu beton berdasarkan permintaan dari klien.

Peran Pompa Beton untuk Penuangan Beton Mix
Dari truck mixer, beton instan ini perlu dituang menuju ke site konstruksi. Jika lokasi pengecoran ini ditempat tinggi atau ditempat yang sempit, maka alat bantu khusus diperlukan.

Penggunaan pompa beton sangat lazim dalam situasi ini. Alat inilah yang memungkinkan pengecoran lebih cepat dan akurat untuk diakukan. Saking cepatnya, waktu yang dibutuhkan untuk pengecoran adalah 1 dibanding 10 dari pengecoran manual.

Konstruksi skala besar seperti gedung bertingkat, jalan raya, jalan tol, pembuatan jembatan, akan lebih efektif memakai alat ini. Jumlah beton instan ini pun bisa secara masal dibuat sesuai kebutuhan.

Untuk memaksimalkan waktu kerja dan juga penggunaan SDM lebih sedikit, maka pemilihan pompa beton juga dipertimbangkan. Inilah beberapa jenis pompa beton untuk menyalurkan beton mix ke lokasi penuangan:

  • Pompa beton standar
  • Pompa beton mini
  • Pompa beton dengan long boom
  • Pompa beton kodok

Masing-masing alat tersebut memiliki kelebihan dan spesifikasi tersendiri. Tak heran jika pekerjaan konstruksi masa kini bisa lebih cepat dilakukan untuk mega proyek sekalipun dengan pemakaian SDM seminimal mungkin.

Kenapa Memilih Beton Mix?
Beton instan selalu memiliki keunggulan dibanding beton konvensional. Beberapa diantaranya ialah:

  • Bisa diproduksi secara masal untuk segala proyek konstruksi
  • Memiliki kontrol mutu dan proses yang ketat
  • Mutu beton terjamin meskipun perlu pengangkutan menuju lokasi konstruksi
  • Beton mix dapat dipompa sehingga hanya butuh waktu singkat dalam penuangannya
  • Beton cor dengan mutu baik bisa memiliki ketahanan akan aus maupun api yang tinggi
  • Mempercepat proses konstruksi
  • Hanya butuh sedikit SDM
  • Bisa dibuat dengan berbagai mutu sesuai kebutuhan setiap proyek konstruksi
  • Dengan pompa beton, penuangan sangat akurat sehingga meminimalisir cacat konstruksi atau kegagalan konstruksi.

Cara Mendapatkan Beton Mix
Beton segar sudah menjadi kebutuhan utama dalam setiap konstruksi. Dengan laju pembangunan yang makin tinggi di Indonesia, maka membeli beton mix pun jadi lebih mudah. Ada banyak sekali perusahaan yang melayani pemesanan beton instan ini.

Untuk memilihnya pastikan melihat lokasi batching plant di sekitar proyek Anda dulu. Jika ada yang lebih dekat maka bisa jadi pilihannya. Beberapa perusahaan pun sudah menyajikan produk dengan jangkauan yang luas.

Jayamix adalah salah satunya. Inilah perusahaan beton instan paling populer di Indonesia. Bukan hanya wilayah Jawa, namun perusahaan ini juga telah menjangkau wilayah luar Jawa. Alhasil, pembangunan nasional diberbagai wilayah bisa didukung dengan suplai beton segar berkualitas ini.

Prosedur Mix Desain dalam Beton Mix
Dalam pembuatan beton instan, maka dikenal istilah mix desain. Inilah proses untuk menciptakan beton segar berkualitas di bawah kontrol yang ketat. Dalam mix desain ini, dilakukan  beberapa langkah untuk memastikan mutu dan kualitas beton sesuai dengan perencanaan:

  • Menentukan dulu kuat tekan sesuai kebutuhan
  • Menentukan perbandingan air semen dan agregat
  • Menghitung komposisi beton per meter kubik
  • Menghitung berat beton segar per meter kubik

Semua perhitungan dilakukan dengan alat yang sudah otomatis dan canggih. Ahli teknik sipil pun juga terlibat dalam semua prosesnya. Maka tak heran jika hasil dari mix desain ini ialah beton segar berkualitas yang bisa diandalkan dalam setiap konstruksi.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *